Konfigurasi NTP di Mikrotik

Konfigurasi NTP di Mikrotik

Hai... Di postingan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang  NTP. Pasti udah banyak yang tanya’’  apa itu NTP ?.. baiklah simak penjelasan saya berikut ini :
Pengertian NTP
Network Time Protocol atau NTP adalah sebuah cara atau protokol yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi terhadap waktu dalam sistem komputer dan jaringan. Proses sinkronisasi ini dilakukan di dalam komunikasi data yang menggunakan protokol TCP/IP.
NTP menggunakan port UDP 123. Protokol ini dibuat untuk dapat bekerja dengan baik meskipun media komunikasinya bervariasi, baik pada media kabel ataupun wireless. Protokol ini memungkinkan perangkat-perangkat komputer untuk tetap dapat melakukan sinkronisasi waktu dengan sangat tepat dalam berbagai media tersebut.
Jika suatu saat  Router Mikrotik anda harus bekerja berdasarkan waktu, baik tanggal, hari, maupun jam yang tepat ataupun Anda ingin memblokir akses internet atau memblokir beberapa situs pada jam-jam tertentu. Jika anda menggunakan Router OS dalam sebuah PC, tentu ini tidak akan mnjadi masalah. karena di Motherboard komputer sudah terpasang baterai  CMOS yang  berfungsi untuk menyimpan konfigurasi waktu. Namun pada RouterBoard Mikrotik yang tidak memiliki baterai CMOS maka konfigurasi waktu akan berubah setiap kali router mengalami restart.
Nah, untuk menghindari konfigurasi waktu yang berubah-ubah inilah, maka perlu ada konfigurasi Network Time Protocol (NTP) di Router Mikrotik. Untuk itu anda perlu mengetahui NTP Server yang ada di Internet . Untuk sinkronisasi konfigurasi waktu pada Router Mikrotik, Anda juga dapat menggunakan NTP Server untuk Indonesia dengan IP Address 203.160.128.3.
Setting Network Time Protocol Client di Mikrotik
Lalu bagaimana konfigurasinya? Baiklah simak langkah langkah nya berikut :

  1. Buka Winbox, masuk ke menu System --> NTP Client, lalu isikan
Centang opsi Enabled
Mode             : unicast
Primary NTP Server  : 203.160.128.3

seperti gambar berikut :



Lalu pilih “ok.
2.Langkah  selanjutnya  seting  waktu  pada mikrotik nya dengan  cara  masuk ke menu System --> Clock, lalu sesuaikan dengan waktu, tanggal , Time Zone, & GMT, sesuai dengan daerah  anda..



Lalu tinggal pilih ‘’ok’’.
semoga bermanfaat ilmunya :D

Belum ada Komentar untuk "Konfigurasi NTP di Mikrotik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel